Keusan Telapak Ban dan Penyebabnya

Karena ban digunakan, adalah normal bagi tapak untuk secara bertahap menjadi kinerja ban yang lebih dangkal dan menyeluruh untuk berubah. Selain itu, keausan tapak yang tidak teratur dapat terjadi karena berbagai alasan yang dapat menyebabkan Anda harus mengganti ban lebih cepat daripada nanti. Memeriksa secara teratur kedalaman tapak dan kondisi keausan dari setiap ban pada kendaraan Anda tidak hanya memberi tahu Anda kapan waktunya mengganti ban, juga dapat membantu Anda mendeteksi pemeliharaan lain yang dibutuhkan dan mendapatkan manfaat maksimal dari kendaraan dan ban Anda.

Kenapa Terjadi Keausan Ban

Terlalu sedikit tapak ban dapat menciptakan kondisi mengemudi yang tidak aman. Ketika ban tidak dapat mencengkeram jalan, pengemudi dapat kehilangan kendali atas kendaraannya. Ketika jalan basah, kedalaman tapak ban sangat penting. Setiap kali hujan turun di antara ban Anda dan jalan, Anda perlu tapak untuk memotongnya dan mempertahankan sebanyak mungkin kontak dengan permukaan jalan. Semakin dorong tapak Anda, semakin mudah untuk kehilangan traksi saat mengemudi di tempat basah; mengurangi kecepatan dalam kondisi tersebut membantu Anda mempertahankan cengkeraman.

Apa artinya Tinggi Kembang Ban Terendah?

Sebagian besar negara telah menetapkan persyaratan kedalaman tapak minimum 1,6 mm, yang mengharuskan pengemudi mengganti ban saat ban melaju ke kedalaman itu. Terlepas dari keadaan mana Anda tinggal, Bridgestone merekomendasikan bahwa ban diganti ketika setiap bagian tapak berada pada kedalaman 1,6mm.

Bagaimana Anda tahu jika Anda telah mencapai ambang 1,6 mm? Gunakan indikator kedalaman tapak ban yang ditemukan di dalam alur telapak. Setiap penumpang, truk ringan, dan ban truk menengah memiliki indikator-indikator ini, juga dikenal sebagai wear bars, di berbagai tempat di sekitar ban. Indikator kedalaman tapak ada di sana sehingga Anda dapat menentukan secara visual apakah Anda telah mencapai 1,6 mm di alur itu tanpa harus mengukur kedalaman dengan alat. Ganti ban mana pun di mana iga tapak menjadi rata dengan palang indikator.

Apa Penyebab Awal Wear Out atau Memakai Ban Tidak Teratur?

Sama seperti kendaraan, pengemudi, dan kebiasaan mengemudi yang berbeda satu sama lain, tidak semua ban sama dan mereka bisa memakai dengan harga yang sangat berbeda. Misalnya, ban berkinerja tinggi untuk mobil sport memakai lebih cepat daripada ban touring untuk sedan keluarga. Namun, berbagai faktor dapat menyebabkan ban aus lebih cepat dari yang diperkirakan, dan / atau menyebabkannya tidak teratur dan menimbulkan kebisingan atau getaran. Dua penyebab umum keausan ban awal aus dan keausan ban yang tidak teratur adalah tekanan inflasi yang tidak tepat dan kondisi perataan roda yang tidak sesuai spesifikasi.Tyre Tread Wear Cause 1: Improper Inflation Pressure

Ketika ban mengembang dengan tidak benar, ada kemungkinan besar ban itu akan mulai memakainya lebih cepat dan / atau tidak merata. Tidak hanya produsen kendaraan menentukan tekanan inflasi untuk ban depan dan belakang untuk mengoptimalkan kinerja untuk kenyamanan berkendara, penanganan dan ekonomi bahan bakar, mereka juga mempertimbangkan keausan ban. Tekanan inflasi yang tepat membantu mengoptimalkan distribusi beban kendaraan, percepatan, pengereman, dan kekuatan menikung di tapak. Jika tekanan ban terlalu rendah, atau bahkan terlalu tinggi, tambalan kontak dari tapak ban tidak dioptimalkan untuk menangani berbagai pekerjaan yang diminta untuk dilakukan. Dengan demikian, bagian-bagian tapak yang berbeda dapat dihilangkan dengan lebih cepat dan / atau tidak teratur.

Improper inflation pressure

Periksa tekanan di semua ban Anda, termasuk cadangannya, setiap bulan. Periksa juga sebelum melakukan perjalanan panjang atau ketika Anda berencana untuk membawa beban tambahan. Anda dapat menemukan spesifikasi tekanan ban produsen kendaraan pada plakat / label yang ditempelkan di pintu pengemudi atau di sela pintu. Anda juga dapat memeriksa manual pemilik kendaraan Anda untuk rekomendasi tekanan ban.

Tire Tread Wear Cause 2: Out-of-Spec Tire Alignment

Perataan ban, juga dikenal sebagai perataan roda, mengacu pada penyesuaian komponen kemudi dan suspensi kendaraan - sistem yang menghubungkan dan mengontrol gerak roda. Itu bukan penyesuaian ban atau roda itu sendiri. Kunci untuk penyelarasan yang tepat adalah untuk menyesuaikan sudut ban dan kontaknya dengan jalan sesuai dengan spesifikasi produsen kendaraan untuk parameter seperti camber, toe, dan caster.

Perataan ban yang tidak tepat dapat menyebabkan ban Anda tidak merata dan prematur. Kondisi ban tapak ban tidak teratur yang umum dari penyejajaran yang tidak benar termasuk yang berikut ini:

  • Keausan Ban Heel/Toe : Hal ini terjadi ketika salah satu sisi tapak tapak mengenakan lebih cepat daripada sisi lain secara melingkar. Ketika Anda menjalankan tangan Anda di atas tapak tapak, mereka akan merasa seperti gigi gergaji. Tumit / jari kaki biasanya terjadi di tulang rusuk bahu dan sering disebabkan oleh jari kaki positif atau negatif yang berlebihan.

    Heel and toe wear

  • Keausan Ban Feather Edge: Ban "berbulu" ketika tapak iga dipakai lebih rendah / lebih halus di satu sisi dan lebih tinggi / lebih tajam di sisi lainnya. Ini sering disebabkan oleh kombinasi pengaturan penyelarasan yang tidak tepat, seperti jari kaki dan caster yang berlebihan.

    Out-of-spec alignment - Caster

  • Keausan ban One-Sided Shoulder : Jenis tapak tidak teratur ini berarti bagian dalam atau luar rusuk bahu dari tapak secara signifikan lebih dikenakan daripada iga lainnya. Juga dikenal sebagai pakaian camber, camber positif atau negatif yang berlebihan sering menyebabkan jenis pakaian ini.

    Out-of-spec alignment - Camber

Sangat penting untuk menjaga ban Anda tetap terjaga dengan memeriksa tekanan Angin Ban setiap Bulan. If you’re experiencing any unusual wear patterns, ika Anda mengalami pola keausan yang tidak biasa, Anda harus memiliki teknisi untuk memeriksa Alignment atau kaki kaki ban. 

Sangat penting untuk menjaga ban Anda tetap terjaga dengan memeriksa tekanan ban Anda setiap bulan. Jika Anda mengalami pola keausan yang tidak biasa, Anda harus memiliki teknisi untuk memeriksa perataan Anda.

  • Airless Tyres

    Bridgestone's revolutionary airless tyre technology features a unique spoke structure designed to support the weight of a vehicle, effectively eliminating the need to periodically refill the tyres with air.

    Click to Learn More
  • Tyre Safety for All Drivers

    As with just about everything on your car, paying attention and being proactive to your tyres are the keys to a successful trip. Here are a few tips for avoiding trouble on the road ahead.

    Click to Learn More
  • Winter and Snow Tires

    If you live in an area that experiences snowy or icy conditions in the winter months, hitting the road means paying close attention to conditions and adjusting your driving accordingly. But possibly the most important thing to do is install winter or snow tires.

    Learn More