Cara Memeriksa Tekanan Ban Dengan Pressure Gauge

Mempertahankan inflasi ban yang tepat relatif sederhana dan penting untuk keseluruhan kinerja ban kendaraan Anda. Ban yang dilipat dengan benar akan memberikan umur yang lebih lama, respons kemudi yang lebih cepat, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan kenaikan yang lebih mulus daripada ban yang tidak digulung dengan benar. Baik di bawah inflasi maupun inflasi dapat menyebabkan sakit kepala seperti pakaian tapak prematur dan kemungkinan kegagalan ban. Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari ban Anda adalah dengan memeriksa tekanan ban Anda setiap bulan.

Mengetahui bagaimana menggunakan alat pengukur tekanan ban sangat sederhana. Berikut cara memeriksa tekanan ban dan isi ulang ban Anda.

Items needed to check tire pressure

Item yang Anda Butuhkan Saat Memeriksa Tekanan Ban

Pengukur tekanan ban

Kompresor udara

Pena dan kertas

Alat pengukur tekanan ban Anda bisa digital atau standar. Toko suku cadang otomatis biasanya membawa keduanya. Banyak bengkel atau toko asesoris menjual kompresor udara portabel yang dijalankan dari baterai mobil atau port USB. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kompresor udara yang paling banyak terdapat di stasiun bensin.

Steps to check tire pressure

Cara Memeriksa Tekanan Ban

1. Mulailah dengan ban dingin jika memungkinkan

Produsen kendaraan menentukan PSI - secara harfiah "pound per inci persegi" dengan tekanan - dengan asumsi bannya dingin. Ban dianggap dingin saat kendaraan diparkir selama tiga jam atau lebih, atau jika kendaraan tersebut telah melaju kurang dari 1,6 km dengan kecepatan sedang. PSI adalah unit pengukur tekanan yang Anda gunakan untuk memberikan pembacaan.

2. Periksa PSI yang Disarankan Produsen

Lihatlah di pintu samping pintu pengemudi atau manual pemilik Anda untuk menemukan ban dingin yang direkomendasikan PSI untuk ban depan dan belakang Anda. Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda harus berkonsultasi dengan dealer kendaraan, pabrikan, atau spesialis ban berkualitas dari bengkel Anda.

3. Tuliskan PSI untuk Tiap Ban

Jika ban depan dan belakang Anda memerlukan tingkat tekanan yang berbeda, tuliskan PSI yang benar agar masing-masing terhindar dari kebingungan saat Anda bergerak di sekitar kendaraan Anda untuk memeriksa tekanan ban.

4. Periksa Tekanan Ban dengan Gauge Anda

Lepaskan tutup katup dari salah satu ban Anda dan letakkan alat pengukur tekanan pada batang katup. Tekan ke bawah cukup keras sehingga suara 'mendesis' hilang dan alat pengukur Anda memberi pembacaan. Dengan alat pengukur standar, tekanan udara akan mendorong bar kecil keluar dari dasar alat pengukur. Unit pengukuran dietsa ke dalam bar. Pengukur digital akan menunjukkan bacaan di layar.

Tuliskan bacaan dan ulangi proses ini untuk keempat ban.

5. Isi PSI yang Disarankan

Gunakan kompresor udara untuk mengisi ulang ban dengan tekanan rendah. Banyak kompresor udara berbeda, jadi baca petunjuk dengan seksama untuk memastikan Anda menggunakannya dengan benar.

Jika Anda menggunakan kompresor udara di stasiun bensin, pastikan untuk parkir sehingga selang akan mencapai keempat ban. Masukkan perubahan ke mesin sampai Anda mendengar motor berjalan. Isi setiap ban dengan menempatkan ujung selang di atas batang katup dan menekan tuasnya.

Menggunakan kompresor udara stasiun bensin berarti ban Anda mungkin "panas." Jika perlu untuk menyesuaikan tekanan inflasi saat ban "panas", atur tekanan ke 4 psi (14 kPa) di atas tekanan inflasi dingin yang disarankan. Periksa kembali tekanan inflasi saat bannya dingin.

Setelah mengisi ban Anda, gunakan alat pengukur untuk memeriksa tekanan lagi. Pada titik ini, tidak apa-apa jika Anda terlalu banyak menghabiskan ban karena Anda selalu bisa mengeluarkan udara kembali. Jangan sekali-kali mengendarai ban yang terlalu banyak. Inflasi yang berlebihan dapat mengakibatkan penurunan daya tarik, keausan dini, dan penurunan penyerapan.

6. Ulangi: Periksa Tekanan Ban Bulanan

Jadikan prosedur di atas ritual bulanan. Secara teratur memeriksa tekanan ban Anda adalah cara terbaik untuk memastikan ban Anda tidak pernah dip jauh di bawah PSI yang optimal.

Tekanan Ban Gauge Akurasi

Akurasi penting dan Anda harus mengingatnya saat memilih alat ukur. Untuk beberapa dolar saja, Anda bisa menemukan pengukur tekanan ban berkualitas dan akurat yang memberikan pembacaan yang akurat. Jika Anda tidak yakin yang mana yang akan dibeli, tanyakan pada teknisi profesional yang dia sarankan.

Pengukur tekanan ban digital akan memberikan pembacaan yang akurat, namun jangan lupa mengoperasikannya dengan baterai. Jika Anda berpikir harus mengganti baterai akan mencegah Anda menggunakannya, yang terbaik adalah menggunakan pengukur standar.

Sebaiknya gunakan alat pengukur ban pribadi Anda dibandingkan yang tersedia yang terpasang pada selang udara di stasiun layanan. Dari semua alat pengukur tekanan di luar sana, mereka kemungkinan besar mengalami cuaca, dan mungkin tidak akurat.

  • Tips for Winterizing Your Car

    Winterize your car before the winter season to make sure your car can handle the winter road conditions. Here's what you'll need to know.

    Learn More
  • Drive into Summer Prepared

    There's more to driving in the summertime than just cranking up the A/C. Heat can be your car's worst enemy, so make sure your ride is ready for the road, no matter what the summer brings.

    Learn More
  • How to Check Tyre Tread Depth

    Heavily worn tread will prevent a tyre from performing as designed and can lead to unsafe driving conditions. One of the simplest, most common ways to check tread depth requires nothing more than a gauge and a few moments of your time.

    Click to Learn More