Keamanan Ban untuk Semua Pengemudi

Mengemudi Dengan Aman, Sampai Tujuan Dengan Senang

Sudah lebih dari satu abad sejak ban karet mulai muncul di mobil. Sebelum itu, roda logam atau kayu berderak di sepanjang jalan beraspal. Beruntung bagi para pengemudi di mana-mana, ban karet adalah fitur yang kita anggap lebih dan lebih biasa. Untuk mendapatkan tumpangan terbaik dan kehidupan terpanjang dari ban Anda, mereka harus lebih dari sekedar renungan.

Tyre safety tips for all drivers

Seperti hanya dengan segala sesuatu dengan mobil, memperhatikan dan bersikap proaktif adalah kunci sukses dalam perjalanan. Pertama, kami sarankan Anda melihat ban Anda dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang bisa berarti masalah di jalan di depan:

Periksa Tekanan Angin

Tekanan ban yang tepat sangat penting; ban tekanan angin rendah dapat membuat pengendali mobil Anda lebih sulit, mengurangi jarak tempuh bensin dan dapat menyebabkan kegagalan ban. Gunakan alat pengukur tekanan ban untuk memastikan ban dilipat dengan benar. Cek tekanan ban setiap bulan serta sebelum perjalanan jauh atau saat membawa muatan ekstra. Rekomendasi produsen kendaraan untuk tekanan ban dapat ditemukan pada label yang ditempelkan di pintu pengemudi atau kusen pintu, atau di manual pemilik kendaraan.

Ingat bahwa tekanan ban harus diperiksa saat ban "dingin", yang berarti saat mobil Anda tidak digerakkan selama tiga jam atau kurang dari 1,6 kilometer dengan kecepatan sedang.

Kebotakan

Itu tidak hanya mengganggu pria setengah baya. Tapak ban habis dari waktu ke waktu dan harus memiliki kedalaman minimal 1.6mm. Untungnya, ini adalah hal yang mudah untuk diperiksa: Gunakan alat pengukur kedalaman tapak, atau cek dengan memasukan koin dengan kepala Lincoln terbalik. Jika Anda bisa melihat semua kepala Lincoln (termasuk rambutnya!), Saatnya berbelanja untuk set baru.

Keausan Tidak Rata

Banyak faktor yang bisa menyebabkan tread ban terlihat tidak rata, seperti keausan pada satu sisi tapak. Inflasi yang tidak tepat, masalah suspensi mobil dan roda yang tidak sejajar adalah beberapa faktor ini. Bintik datar mungkin menunjukkan adanya masalah pada ban; Sudah diperiksa oleh petugas servis ban sesegera mungkin.

Dinding Ban Retak

Ban dengan dinding samping yang terlihat retak, terbelah, terpotong, atau diiris mungkin telah rusak akibat bahaya jalan, underinflasi, overloading atau abrasi dari curbs. Karet mungkin juga telah rusak oleh faktor lingkungan seperti paparan berlebihan terhadap panas atau ozon. Bila ini terjadi, ban Anda mungkin rentan terhadap kegagalan. Sangat disarankan agar mereka diperiksa oleh petugas servis ban.

Benjolan

Jika ada benjolan atau lecet yang tidak biasa di mana saja di ban, ganti sesegera mungkin. Gelembung seperti ini adalah tanda-tanda kerusakan di dalam struktur ban yang bisa menyebabkan kegagalannya.

Periksalah sekitar ban

Untuk memastikan keempat ban itu dipakai secara merata dan berfungsi seperti yang dirancang, putar ban Anda sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan yang terdapat di manual pemilik kendaraan Anda, atau setiap 10.000 kilometer.

  • Tyre Tread Wear & Causes

    As tyres are used, the tread gradually becomes shallower, impacting overall tyre performance. But tyres don't all wear the same; here's what you should know about what causes tyre wear.

    Click to Learn More
  • How to Choose Truck Tyres

    Some truck tyres are optimised to provide good off-road traction, while some are designed for smooth on-road handling and others offer a balance between the two. Which truck tyre is right for you?

    Click to Learn More
  • Airless Tyres

    Bridgestone's revolutionary airless tyre technology features a unique spoke structure designed to support the weight of a vehicle, effectively eliminating the need to periodically refill the tyres with air.

    Click to Learn More