Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Penyelarasan Ban

Keselarasan ban, juga dikenal sebagai penyelarasan roda, dapat membantu ban Anda bekerja dengan baik dan membantu mereka bertahan lebih lama. Hal ini juga dapat memperbaiki penanganan dan mencegah kendaraan Anda untuk menarik satu arah atau bergetar dengan aneh di jalan.

Apa itu Penyelarasan Ban?

Penyelarasan mengacu pada penyesuaian suspensi kendaraan - sistem yang menghubungkan kendaraan ke roda rodanya. Ini bukan penyesuaian ban atau roda itu sendiri. Kunci untuk keselarasan yang tepat adalah menyesuaikan sudut ban yang mempengaruhi bagaimana mereka melakukan kontak dengan jalan.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Membutuhkan Penyelarasan Ban?

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah mobil Anda membutuhkan keselarasan ban. Jika Anda memperhatikan satu atau beberapa indikator ini, Anda harus segera menyelaraskan dengan teknisi layanan berlisensi.

Pakaian tapak yang tidak rata

Kendaraan menarik ke kiri atau kanan

Roda kemudi Anda tidak aktif saat mengemudi lurus

Getaran roda kemudi

Camber, Toe, & Kastor

Ketika seorang teknisi memeriksa keselarasan ban Anda, dia terutama memperhatikan tiga hal:

1. Camber

Ini adalah sudut ke dalam atau ke luar ban bila dilihat dari bagian depan kendaraan. Terlalu banyak ke arah dalam atau ke luar, juga dikenal sebagai camber negatif dan positif, masing-masing, menunjukkan keselarasan yang tidak tepat dan perlu disesuaikan. Bantalan yang tidak rata, bantalan bola, dan bagian suspensi roda lainnya dapat menyebabkan kesalahan kejajaran camber.

Camber tire alignment

2. Toe

Berbeda dengan kesejajaran camber, toe alignment adalah sejauh mana ban Anda berputar ke dalam atau ke luar bila dilihat dari atas. Jika itu membingungkan, berdiri saja dan melihat ke bawah ke kaki Anda. Angkat mereka ke dalam menuju pusat tubuh Anda. Bila ban di mobil Anda miring dengan cara yang sama (ingat, kita berpikir dalam pandangan burung), kita menyebut ini sebagai alignment kaki. Angkat kakimu ke luar dan Anda harus menyesuaikan diri. Keduanya membutuhkan penyesuaian.

Toe tire alignment

3. Caster

Sudut kastor Anda membantu keseimbangan kemudi, stabilitas, dan menikung. Secara khusus, ini adalah sudut sumbu kemudi Anda bila dilihat dari sisi kendaraan Anda. Jika Anda memiliki kastor positif, sumbu kemudi akan miring ke arah pengemudi. Kisi negatif, di sisi lain, berarti sumbu kemudi miring ke depan kendaraan Anda.Caster tire alignment

Mengapa Masalah Alignment Ban?

Penyelarasan roda atau ban yang tidak tepat dapat menyebabkan ban Anda tidak beraturan dan prematur. Berikut adalah beberapa jenis pakaian tapak yang tidak semestinya yang disebabkan oleh misalignment:

Feathering

Ban "berbulu" saat tapak mulus di satu sisi dan tajam pada yang lain. Ini biasanya pertanda keselarasan kaki yang buruk.

Camber Wear

Taus memakai tapak ini berarti bagian dalam atau luar tapak jauh lebih banyak dipakai daripada bagian tengah tapak. Sesuai namanya, camber positif atau negatif menyebabkan jenis keausan ini.

Heel / Toe Wear

Hal ini terjadi ketika satu sisi blok tapak Anda lebih rendah dari yang lain dengan arah melingkar. Saat Anda menjalankan tangan Anda di atas tapak, itu akan terlihat dan terasa seperti gigi gergaji bila dilihat dari samping. Celana heel / toe bisa jadi tanda adanya inflasi dan / atau kurangnya rotasi.

Jika Anda mengalami pola pakaian yang tidak biasa ini, Anda harus meminta teknisi memeriksa keselarasan Anda. Sementara pencegahan penggunaan ban adalah alasan bagus untuk menjaga keselarasan roda Anda tetap terkendali, konsekuensi dari misalignment juga dapat dimainkan dalam kinerja kendaraan secara keseluruhan. Sebuah mobil yang menarik ke satu sisi atau mengarah tidak menentu, misalnya, mungkin memiliki masalah keselarasan.

Penyeimbangan ban

Berbeda dari kesejajaran ban, penyeimbang ban atau roda mengacu pada kompensasi untuk setiap ketidakseimbangan berat pada kombinasi ban / roda dan sering dilakukan bersamaan dengan penyelarasan roda. Ada dua tipe dasar ketidakseimbangan ban / roda yang perlu dikoreksi - statis (single plane) dan dynamic (dual plane).

Keseimbangan statis hanya menyeimbangkan hanya pada satu bidang - pergerakan vertikal yang dapat menyebabkan getaran. Ketidakseimbangan dinamis, di sisi lain, membahas keseimbangan dalam dua bidang - gerakan vertikal dan gerakan lateral. Kedua jenis ketidakseimbangan tersebut memerlukan penggunaan mesin penyeimbang khusus untuk membantu hal-hal yang tidak beres.

Untuk mulai menyeimbangkan ban Anda, teknisi akan memasangnya pada pelek yang benar dan menyesuaikan tekanan dengan inflasi optimal. Kemudian setiap ban melaju di bagian tengah mesin penyeimbang. Mesin memutar ban pada kecepatan tinggi untuk mengukur ketidakseimbangan kombinasi roda / ban. Ini menandakan berapa banyak bobot yang harus ditambahkan teknisi untuk mengimbangi ban dan area di mana berat yang dibutuhkan.

Penyeimbangan ban sangat penting untuk perawatan ban yang tepat karena alasan yang sama seperti penyelarasan roda: pencegahan penggunaan tapak prematur. Setelah ban selaras dan seimbang setiap 10.000 kilometer dapat membantu memaksimalkan umur dan performa keseluruhan mereka.

  • What is TPMS & How Does it Work?

    Before the creation of the Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), knowing whether your air pressure had reached unsafe levels meant getting out, crouching down, and using a tyre gauge. But how does TPMS work?

    Click to Learn More
  • How to Check Tyre Tread Depth

    Heavily worn tread will prevent a tyre from performing as designed and can lead to unsafe driving conditions. One of the simplest, most common ways to check tread depth requires nothing more than a gauge and a few moments of your time.

    Click to Learn More
  • How to Check Tyre Pressure

    Both under inflation and over inflation can cause headaches like premature tread wear and possible tyre failure. The best way to ensure you're getting the most out of your tyres is to check your tyre pressure regularly. We'll show you how.

    Click to Learn More