5 Tips untuk Perawatan Ban Sebelum Perjalanan

Periksa Ban Anda Sebelum Perjalanan

Bagasi sudah penuh, kacamata hitam telah dipakai, dan Anda siap untuk menuju jalan. Sekarang, pakailah rem karena Anda memiliki sesuatu yang sangat mungkin dilupakan: ban Anda. Mereka adalah bagian penting dari perjalanan dan memastikan mereka dalam kondisi prima sebelum Anda mencapai jalan bahkan lebih penting daripada memastikan daftar lagu yang akan diputar ke speaker anda.

Perawatan ban sebelum perjalanan

Jaga lima hal ini sebelum berangkat pada petualangan perjalanan Anda berikutnya:

1. Mengecek Tekanan

Selalu penting untuk mengecek tekanan ban sebelum menuju perjalanan panjang atau saat membawa beban tambahan. Mengendarai ban dengan tekanan inflasi yang tidak tepat adalah berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan ban serta mempengaruhi perjalanan, penanganan, dan penghematan bahan bakar kendaraan. Periksa manual pemilik kendaraan Anda untuk produsen merekomendasikan tekanan ban untuk semua ban Anda, termasuk cadangan Anda. Ingat bahwa tekanan ban harus diperiksa ketika ban "dingin" yang berarti ketika mobil Anda tidak digerakkan selama tiga jam atau kurang dari 1,6 kilometer dengan kecepatan sedang.

2. Tinggi Kembang Ban

Ketika datang ke ban, botak hampir tidak cantik. Ban harus memiliki kedalaman tapak lebih dari 1,66 mm. Gunakan sebuah Pengukur kedalaman ban untuk mengukurnya. Juga cari keausan yang tidak rata, seperti aus di satu sisi tapak. Titik-titik datar dapat menunjukkan masalah dengan ban dan harus diperiksa oleh profesional layanan ban sesegera mungkin.

3. Berjongkoklah

Luangkan waktu sejenak untuk memeriksa dengan seksama kondisi ban Anda. Periksa apakah ada potongan, retakan, belah atau memar di area tapak dan dinding samping. Juga, tonjolan atau tonjolan bisa berarti pemisahan di dalam tubuh ban. Jika ditemukan, pergilah ke profesional layanan ban terdekat sebelum keluar untuk menghindari gangguan dan sakit kepala yang disebabkan oleh kegagalan ban.

4. Putar Bagian Ban

Sebelum berangkat untuk melakukan perjalanan, ada baiknya untuk memiliki ban kendaraan yang diputar. Memutar ban Anda secara teratur (seperti yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan, atau setiap 10.000 kilometer) mempromosikan bahkan keausan tapak dan membantu kinerja ban seperti yang dirancang.

5. Jangan Memasukan Barang Yang Tidak Diperlukan

Kendaraan memiliki rekomendasi berat maksimum yang dapat ditemukan di manual pemilik kendaraan Anda. Ban Anda juga memiliki peringkat muatan maksimum yang dicap di dinding sampingnya. Mematuhi batasan ini penting karena beban yang berlebihan sulit pada ban dan mempengaruhi pengemudian dan penanganan kendaraan. Semakin berat mobil, semakin buruk pula ekonomi bahan bakarnya.

  • Studded Snow Tires vs. Studless Snow Tires

    There are two main types of winter tires: studded and studless. Studded tires were the must-have snow tires for a long time, but advances in rubber compounds and other winter tire technologies have changed the minds of many drivers.

    Learn More
  • Run-Flat Technology Tyres: How They Work

    Though they first appeared in the mid-1980s, Run-Flat Technology tyres are now more popular and technologically advanced than ever before. Take a look at the technology behind these game-changing tyres.

    Click to Learn More
  • Airless Tyres

    Bridgestone's revolutionary airless tyre technology features a unique spoke structure designed to support the weight of a vehicle, effectively eliminating the need to periodically refill the tyres with air.

    Click to Learn More