Bingung Kapan Ganti Kampas Rem?

Bagikan

Wondering When to Replace Brake Pads?

Memastikan bantalan rem Anda dalam kondisi kerja yang benar, dan menggantinya saat waktunya tepat, tidak akan hanya menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Hal ini juga berpotensi menyelamatkan kendaraan Anda, atau bahkan hidup Anda dalam kecelakaan. Tapi bagaimana Anda tahu kapan harus mengganti bantalan rem Anda? Apa itu bantalan rem? Mari kita lihat lebih dekat bagaimana, apa, dan mengapa mengganti bantalan rem di kendaraan Anda?

Apa itu Kampas Rem?

Kampas rem adalah bagian penting dari sistem rem kendaraan Anda; Mereka duduk di antara sepatu rem Anda (bagian yang menjepit, memperlambat rotasi ban) dan drum rem Anda. Tanpa bantalan rem yang berfungsi, elemen lain dari kendaraan Anda, seperti cakram, rotor, dan kaliper akan mulai hilang. Mempertahankan bantalan rem yang efektif penting untuk menghindari perbaikan yang sangat pricy serta kondisi berkendara yang tidak aman. Itulah mengapa penting untuk bisa mengidentifikasi kapan harus mengganti bantalan rem lama kendaraan Anda.

Apa Yang Terjadi Saat Kampas rem habis?

Setiap kali Anda memutar rem kendaraan Anda, Anda menyebabkan sejumlah kecil keausan pada bantalan rem Anda. Untuk setiap jenis bantalan rem, keramik, organik, dan logam, gesekan ini menyebabkan sejumlah kecil lapisan pelindung dilepaskan dari bantalan rem. Seiring waktu, kemerosotan ini mulai bertambah: karena bantalan rem Anda menjadi lebih tipis dan tipis, mereka akhirnya akan sampai pada titik di mana mereka harus diganti. Berikut adalah beberapa tanda untuk mencari tahu kapan harus mengganti Kampas rem:

1. Suara berdecit atau melengking

Umumnya, indikasi pertama yang akan diperhatikan oleh pengemudi adalah suara memekik, melengking, atau merengek saat rem dilipat. Suara ini disebabkan oleh indikator shim metalik kecil yang tertanam di bantalan rem Anda hanya untuk tujuan ini. Bila Anda mendengarnya secara teratur saat mengerem, mungkin saatnya membawa mobil Anda ke spesialis rem untuk inspeksi.

Saat rem terkena kondisi basah dan lembab, seperti setelah badai hujan, lapisan tipis debu bisa terbentuk di kampas rem dan menyebabkan suara melengking yang sangat mirip saat pengereman. Jika suara menghilang setelah beberapa kali Anda menggunakan rem Anda, itu adalah indikator bagus bahwa hanya ada sedikit karat yang terpasang di bantalan rem dan bukan bantalan rem yang perlu diganti.

2. Kurang dari seperempat inci dari kampas Rem

Anda juga dapat memeriksa secara visual bantalan rem Anda untuk mengetahui apakah sudah saatnya diganti. Lihatlah melalui jari-jari ban Anda dan Anda harus melihat bantalan rem Anda dikompres dengan rotor rem Anda. Jika pad kurang dari ΒΌ inci tebal (sekitar 3 milimeter), Anda harus mempertimbangkan apakah rem Anda diperiksa, terutama jika sudah lama sejak pemeriksaan terakhir Anda.

3. Deep Metallic Grinding and Growling

Jika Anda mendengar suara yang dalam dan rendah yang terdengar seperti penggilingan logam atau geraman gemuruh, itu bisa menjadi pertanda bahwa bantalan rem Anda tidak dipakai, tapi cakram rem dan kaliper Anda melakukan kontak. Karena logam pada kontak logam ini dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan lebih lanjut lagi pada sistem pengereman Anda, Anda harus membawa kendaraan Anda ke toko layanan secepat mungkin jika Anda mendengar suara jenis ini.

4. Indicator Lights

Beberapa kendaraan memiliki lampu indikator di dasbor yang akan memberi sinyal saat saatnya mengganti bantalan rem. Periksa manual pemilik Anda untuk melihat apakah kendaraan Anda dilengkapi dengan sistem peringatan pad rendah. Ingat bahwa jika lampu menyala, Anda harus mengganti mekanik dengan sensor lampu dan kampas rem.

Seberapa lama usia kampas rem?

Bantalan rem umumnya dianggap bagus dari mana saja antara 30.000-35.000 mil. Namun, jawaban sebenarnya berapa lama bantalan rem bisa bertahan akan bervariasi dari satu kendaraan ke kendaraan dan dari pengemudi ke supir. Misalnya, jika Anda cenderung mengemudi paling sering di daerah perkotaan atau dalam lalu lintas komuter yang berat, Anda akan sering melakukan rem lebih sering daripada orang yang mengemudi di lokasi pedesaan atau di jalan raya. Beberapa orang juga cenderung "mengendarai rem," yang berarti mereka menekan dan menekan rem mereka lebih terbiasa daripada pengemudi lain, yang menyebabkan bantalan rem lebih cepat hilang.

Dengan sedikit perhatian dan pemikiran, bisa jadi mudah mengetahui kapan harus mengganti bantalan rem pada kendaraan Anda.

  • Get Better Fuel Efficiency

    There's not much we can do to control the price at the pump, but there are ways to increase fuel efficiency and get the most of each tank of petrol. Use these tips for more mileage between fill-ups as well as more money in your pocket.

    Click to Learn More
  • Winter Driving Safety Tips

    As the weather turns cold, are you prepared to face the hazards of winter driving? Brush up on your winter driving skills each year and remember these easy winter driving tips.

    Learn More
  • Tips for Winterizing Your Car

    Winterize your car before the winter season to make sure your car can handle the winter road conditions. Here's what you'll need to know.

    Learn More