APA YANG PERLU ANDA TAHU TENTANG RATING KECEPATAN BAN

Sebagian besar ban penumpang modern memiliki peringkat kecepatan tyire, sebutan yang menunjukkan kemampuan kecepatan yang dirancang ban. Dengan kata lain, ini adalah kecepatan tercepat yang bisa diikat ban sebelum tidak dirancang seperti yang dirancang. Rating kecepatan ban tidak menyiratkan bahwa kendaraan dapat dengan aman digerakkan pada kecepatan maksimum dimana ban mampu, terutama dalam kondisi cuaca buruk atau kondisi jalan.

Cara Menemukan Peringkat Kecepatan Ban Anda

Jika Anda bertanya-tanya berapa tingkat kecepatan ban yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan Anda, cukup lihat manualnya. Anda mungkin juga menemukannya di kusen pintu samping pengemudi, tangki bensin menetas, atau di dalam kompartemen kotak sarung tangan - di mana saja yang mencantumkan kode tyire yang tepat untuk kendaraan Anda.

Find your tire speed rating

Rating kecepatan mudah ditemukan karena biasanya item terakhir dalam urutan karakter dalam kode ukuran ban. Misalnya dalam kode tyire ini: "205/60 / R16 82S," S adalah nilai kecepatan. Untuk melihat kode ukuran ban untuk ban Anda saat ini, lihat saja sisi sampingnya. Apakah kecepatan rating pada setiap ban cocok dengan apa yang direkomendasikan oleh pabrikan? Itu harus!

Tire sidewall information

Ingat pula bahwa rating kecepatan ban tidak sama dengan kecepatan perjalanan yang direkomendasikan. Peringkat tersebut akan hampir selalu melebihi batas kecepatan jalan raya maksimum, namun tidak ada produsen ban atau kendaraan yang menyarankan mengemudi lebih cepat daripada yang diizinkan undang-undang tersebut.

Menentukan Peringkat Kecepatan Ban

Rating kecepatan adalah produk pengujian laboratorium - dengan kecepatan dan beban simulasi. Untuk mendapatkan peringkat apa pun, seorang tiyre harus menunjukkan bahwa ia mampu mempertahankan kecepatan tertentu. Standar industri mengatur proses pencapaian dan pemeliharaan kecepatan yang diberikan selama pengujian.

Namun, penting untuk diingat bahwa lab tidak dapat mensimulasikan setiap kondisi yang mungkin terjadi. Pikirkan peringkat kecepatan ban Anda sebagai indikator kemampuan produk dalam kondisi terkendali (yaitu menyala penuh, kendaraan berjalan dengan baik, kondisi cuaca yang baik). Kemampuan kecepatan sebenarnya ban Anda mungkin kurang dari kecepatan pengenalnya, karena dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti inflasi, keausan, kondisi kendaraan (termasuk penyelarasan roda), kondisi mengemudi dan durasi di mana kecepatan dijaga. Rating kecepatan tidak berlaku untuk ban yang telah rusak, diubah, kurang terisi, kelebihan beban atau perbaikan.

Sistem Kecepatan Ban Sistem Quirks dan Anomali

Sistem pemeringkatan kecepatan hari ini menggunakan huruf A sampai Z. Setiap huruf sesuai dengan kecepatan tertentu. Secara umum, kecepatan naik seiring kenaikan nilai menurut abjad. Misalnya, ban yang diberi nilai "L" bagus untuk kecepatan terjadwal maksimum yang lebih rendah daripada yang diberi nilai "N.".

Tapi sistem rating kecepatan ban bukan tanpa kebiasaannya. Misalnya, akar Eropa sistem memberikan kecepatan yang tidak biasa per jam maksimum. Kata-kata kunci lainnya adalah bahwa huruf "H" tidak pada tempatnya. Alih-alih muncul setelah "G," itu jatuh di antara "U" dan "V" seperti halnya kecepatan yang sesuai dengannya.

Rating kecepatan tambahan "anomali" meliputi:

"Aku," "O," dan "X" peringkat kecepatan tidak ada. Demikian juga, beberapa grafik rating kecepatan tidak termasuk rating "P".

Ban dengan peringkat kecepatan terendah biasanya terdaftar sebagai "A" diikuti oleh nomor - misalnya, "A1," "A2," A3, "dan seterusnya.

Beberapa ban membawa peringkat kecepatan "W" atau "Y". Produsen juga dapat memasukkan "Z" ke dalam deskripsi ukuran (dalam data kode ban antara rasio aspek dan diameter) untuk jenis ban ini.

Ketika sistem pemeringkatan kecepatan pertama kali dikembangkan, peringkat kecepatan tertinggi adalah peringkat "V" tak terbatas. Ini untuk tyires yang kecepatannya bertahan maksimal 149 mph (240 kpm / jam) atau lebih. Kemudian, karena semakin banyak produsen yang keluar dengan tyires yang bisa menangani kecepatan lebih dari 240 km / jam 149 mph namun tetap mencapai kecepatan maksimum pada beberapa titik, "V" menjadi terbatas (240 km / h149 mph dan bukan 149+ mph) dan Rating kecepatan "W" dan "Y" ditambahkan ke grafik.

Banyak grafik peringkat kecepatan tyire juga mencantumkan rating "Z" sebagai sesuatu yang melebihi 240 km / h149 mph. Beberapa produsen akan memasukkan "Z" di tengah deskripsi ukuran tyire (tepat setelah rasio aspek) saat tyire diberi peringkat pada "W" atau "Y." Dan jika tyire diberi nilai lebih dari 186 mph (300 kpm / h), produsen biasanya akan mencantumkan "Z" dalam deskripsi ukuran, sesuai standar industri.

Chart Rating Kecepatan Ban Umum

Rating kecepatan berikut adalah yang paling mungkin Anda hadapi untuk kendaraan biasa. Mereka mulai dengan kecepatan maksimal 118 mph (190 kpm / jam) dan meningkat dari sana.

Diindikasikan oleh sebuah surat, masing-masing peringkat sesuai dengan kecepatan tertentu.

Common tire speed ratings chart

Rating Kecepatan T

Dengan kecepatan maksimal 118 mph190km / jam, biasanya Anda menemukan ban dengan kecepatan rating "T" pada sedan keluarga dan minivan.

Rating Kecepatan H

Jika Anda ingat dari sebelumnya, rating kecepatan "H" tidak muncul setelah "G" tapi antara "U" dan "V." Ini merupakan kecepatan maksimum 210 km / jam dan biasanya ditemukan pada sedan sport dan coupe. Pada inkarnasi sebelumnya dari sistem pemeringkatan kecepatan, "H" berdiri untuk "kinerja tinggi," itulah sebabnya mengapa ini mempertahankan posisi yang tidak biasa dalam spektrum rating kecepatan hari ini.

Rating Kecepatan V

Begitu rating kecepatan tertinggi ban bisa dimiliki, "V" biasa mewakili maksimal 240 km / jam atau lebih. Saat ini, berarti 240km / h tapi tidak lebih tinggi.

Rating Kecepatan W

Penambahan yang relatif baru ke chart rating kecepatan, tyires dengan rating kecepatan "W" dapat mencapai kecepatan bertahan maksimal 270 km / jam.

Rating Kecepatan Z

Rating "Z" bisa berarti hal yang berbeda. Meskipun hampir selalu berarti ban performa tinggi untuk mobil sport berkinerja tinggi, "Z" mungkin benar-benar muncul di tengah informasi ukuran ban. Jika terjadi, ini merupakan kecepatan maksimum lebih dari 240 km / jam atau 300 km / jam. Manakah dari kecepatan yang diacunya tergantung pada ban tertentu. Hubungi produsen untuk mendapatkan rincian tentang ban Z-rated. Pemilik mobil sport lebih cenderung menghadapi rating kecepatan ini dibanding pemilik sedan keluarga biasa.

Selalu pilih rating kecepatan yang sesuai dengan spesifikasi pabrik kendaraan Anda, dan pastikan keempat ban memiliki rating yang sama. Rating kecepatan didasarkan pada tes laboratorium dalam kondisi yang spesifik dan terkendali. Sementara tes ini berhubungan dengan kinerja di jalan di bawah kondisi tersebut, ingat bahwa mengemudi di alam nyata jarang identik dengan kondisi pengujian.

  • Get Better Fuel Efficiency

    There's not much we can do to control the price at the pump, but there are ways to increase fuel efficiency and get the most of each tank of petrol. Use these tips for more mileage between fill-ups as well as more money in your pocket.

    Click to Learn More
  • What is TPMS & How Does it Work?

    Before the creation of the Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), knowing whether your air pressure had reached unsafe levels meant getting out, crouching down, and using a tyre gauge. But how does TPMS work?

    Click to Learn More
  • Ultimate Car Maintenance Checklist

    Caring for your car and keeping it in proper running order takes just a little bit of effort. To maximise the life and performance of your vehicle, here is a list of items you should check depending on the time and season.

    Click to Learn More