APAKAH TIRE PRESSURE MONITORING SYSTEM (TPMS) & BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Tujuan dari Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) di kendaraan Anda adalah untuk memperingatkan Anda bahwa setidaknya satu atau beberapa ban secara signifikan kurang meningkat, mungkin menciptakan kondisi mengemudi yang tidak aman. Indikator tekanan ban TPMS yang rendah adalah simbol kuning yang menyala pada panel instrumen dasbor berbentuk penampang ban (yang menyerupai tapal kuda) dengan tanda seru.

TPMS low tire pressure indicator

Lampu indikator di kendaraan Anda memiliki sejarah. Ini adalah sejarah yang berakar pada tahun-tahun ketidakpastian tentang tekanan ban yang tepat dan banyak kecelakaan mobil serius yang mungkin telah dihindari, pengemudi diketahui bahwa tekanan udara mereka rendah. Bahkan sekarang, diperkirakan bahwa sejumlah besar kendaraan menghantam jalan setiap hari dengan ban yang kurang bernoda. Namun, perawatan ban yang tepat dengan bantuan TPMS dapat dan memang membantu mencegah banyak kecelakaan serius.

Sebelum lampu indikator ini menjadi biasa, mengetahui apakah tekanan udara Anda telah mencapai tingkat yang tidak aman berarti keluar dan berjongkok. Dengan beberapa pengecualian, ban gaugewas satu-satunya alat pemeriksa tekanan yang biasa dimiliki konsumen biasa.

Tidak setiap TPMS bekerja dengan cara yang sama. Penerangan indikator tekanan ban rendah merupakan langkah terakhir dalam proses TPMS tidak langsung atau TPMS langsung.

TPMS Tidak Langsung: Apa itu TPMS Tidak Langsung & Bagaimana Cara Kerjanya?

TPMS tidak langsung biasanya mengandalkan sensor kecepatan roda yang digunakan oleh sistem rem anti-lock. Sensor ini mengukur laju revolusi setiap roda yang dibuat dan dapat digunakan oleh sistem komputer on-board untuk membandingkan satu sama lain dan data operasi kendaraan lainnya seperti kecepatan.

Berdasarkan laju revolusi masing-masing roda, komputer bisa menafsirkan ukuran relatif ban pada kendaraan Anda. Ketika sebuah roda mulai berputar lebih cepat dari perkiraan, komputer menghitung bahwa bannya kurang bersemangat dan memberi tahu pengemudi dengan tepat.

Jadi, sistem pemantauan tekanan ban tidak langsung tidak mengukur tekanan ban. Ini tidak memproses secara elektronik jenis pengukuran yang sama dengan yang Anda lihat dengan alat pengukur ban. Sebagai gantinya, monitor tekanan ban tidak langsung hanya mengukur seberapa cepat ban Anda berputar dan mengirimkan sinyal ke komputer yang akan menggerakkan lampu indikator saat ada sesuatu dalam rotasi yang tampaknya salah.

Keuntungan TPMS Tidak Langsung

Indirect TPMS

  • Relatif murah dibandingkan TPMS langsung
  • Membutuhkan sedikit pemrograman / pemeliharaan selama bertahun-tahun daripada TPMS langsung
  • Kurang keseluruhan perawatan instalasi dari pada pendamping langsungnya
  • Kerugian TPMS Tidak Langsung
  • Mungkin menjadi tidak akurat jika Anda membeli ban yang lebih besar atau lebih kecil
  • Mungkin tidak bisa diandalkan saat ban tidak rata dipakai
  • Harus di reset setelah benar menggembungkan setiap ban
  • Harus di reset setelah putaran ban rutin

 

TPMS Langsung: Apa itu TPMS Langsung & Bagaimana Cara Kerjanya?

TPMS langsung menggunakan sensor pemantau tekanan di dalam setiap ban yang memantau tingkat tekanan tertentu - bukan hanya data revolusi roda dari sistem rem anti-lock.

Sensor di TPMS langsung bahkan bisa memberikan pembacaan suhu ban. Sistem pemantauan tekanan ban langsung mengirimkan semua data ini ke modul kontrol terpusat yang dianalisis, ditafsirkan, dan, jika tekanan ban lebih rendah dari seharusnya, dikirim langsung ke dasbor Anda di mana lampu indikator menyala. Pemantau tekanan ban langsung biasanya mengirimkan semua data ini tanpa kabel. Setiap sensor memiliki nomor seri yang unik. Ini adalah bagaimana sistem tidak hanya membedakan antara dirinya dan sistem pada kendaraan lain, tapi juga di antara pembacaan tekanan untuk setiap ban individu.

Banyak produsen menggunakan teknologi eksklusif untuk sistem yang sangat khusus ini, sehingga mengganti TPMS dengan cara yang konsisten dan sesuai dengan kendaraan Anda akan memerlukan teknisi berpengalaman dan berpengalaman.

 

Keuntungan TPMS Langsung

Direct TPMS

  • Berikan pembacaan tekanan ban aktual dari dalam ban
  • Tidak rentan terhadap ketidakakuratan karena rotasi ban atau penggantian ban
  • Sinkronisasi sederhana setelah putaran ban atau penggantian ban
  • Baterai di dalam sensor biasanya berlangsung sekitar satu dekade
  • Bisa masuk dalam ban cadangan kendaraan
  • Kekurangan TPMS Langsung
  • Lebih mahal keseluruhan daripada TPMS tidak langsung
  • Meskipun sederhana, sinkronisasi ulang mungkin memerlukan alat mahal.
  • Baterai jarang berguna; Jika baterai habis, seluruh sensor harus diganti.
  • Sistem proprietary membuat instalasi, servis, dan penggantian membingungkan bagi konsumen dan toko mobil.
  • Sensor rentan terhadap kerusakan saat pemasangan / demounting

 

Tekanan Ban dan Keselamatan

Meskipun metodenya mungkin berbeda, kedua sistem melayani tujuan yang sama dan mengaktifkan lampu indikator yang sama. Meskipun TPMS dapat memberikan peringatan yang akurat bila dipelihara dengan baik, ini bukan pengganti pemeriksaan tekanan udara manual, pertimbangkan hanya item lain di kotak peralatan perawatan mobil Anda.

  • 10 Driving Tips for New Drivers

    Getting your first driver's license is an exciting step toward independence and adulthood, but it's also a big responsibility. Learn how to balance this new freedom with caution and safe behavior.

    Click to Learn More
  • Ultimate Car Maintenance Checklist

    Caring for your car and keeping it in proper running order takes just a little bit of effort. To maximise the life and performance of your vehicle, here is a list of items you should check depending on the time and season.

    Click to Learn More
  • Get Better Fuel Efficiency

    There's not much we can do to control the price at the pump, but there are ways to increase fuel efficiency and get the most of each tank of petrol. Use these tips for more mileage between fill-ups as well as more money in your pocket.

    Click to Learn More