LAMPU TPMS SAYA MENYALA? APA YANG TERJADI & APA YANG PERLU ANDA LAKUKAN

Tujuan dari Sistem Pemantau Tekanan Ban (TPMS) adalah untuk memberi tahu Anda bila tekanan ban terlalu rendah dan bisa menciptakan kondisi mengemudi yang tidak aman. Jika lampu menyala, itu berarti ban Anda bisa mengalami underinflated, yang dapat menyebabkan pakaian ban yang tidak semestinya dan kemungkinan kegagalan ban. Penting untuk memahami pentingnya inflasi ban yang tepat, dan bagaimana TPMS dapat membantu Anda mempertahankan ban Anda.

Mempertahankan inflasi ban yang tepat sangat penting untuk penanganan kendaraan, kinerja ban keseluruhan, dan kemampuan membawa muatan. Ban yang digelembungkan dengan baik akan mengurangi gerakan tapak, mengurangi hambatan rolling, dan meningkatkan dispersi air. Mengurangi gerakan tapak memberi ban tapak yang lebih panjang. Mengurangi hambatan rolling, kekuatan yang dibutuhkan untuk menggulung ban yang diangkut, menghasilkan peningkatan efisiensi bahan bakar. Peningkatan dispersi air menurunkan kemungkinan hydroplaning.

Baik inflasi maupun inflasi bisa menyebabkan keausan dini dan kemungkinan kegagalan ban. Inflasi yang berlebihan bisa mengakibatkan penurunan daya tarik, keausan dini, dan ketidakmampuan menyerap dampak jalan. Ban overinflated akan menunjukkan keausan dini di tengah tapak. Di sisi lain, di bawah inflasi akan menyebabkan respons ban lamban, penurunan penghematan bahan bakar, peningkatan panas yang berlebihan, dan kelebihan ban. Ban yang underinflated akan menunjukkan keausan dini pada kedua bahu luar.

Lampu peringatan TPMS akan membantu memperingatkan Anda bila tekanan ban Anda terlalu rendah. TPMS Anda memiliki berbagai pola iluminasi yang berarti berbeda. Teruslah membaca untuk mencari tahu apa artinya.

Jika Anda belajar tentang sensor tekanan ban untuk pertama kalinya, menemukan indikator TPMS di dasbor Anda sederhana. Lampu itu berbentuk tapal kuda dengan tanda seru di tengahnya.

TPMS light

Apa arti lampu Peringatan TPMS?

Apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan saat simbol tekanan ban TPMS yang rendah menyinari? Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa secara manual tekanan ban Anda dengan alat pengukur dan menambahkan udara sampai tekanan mencapai spesifikasi produsen kendaraan. Perlu diingat, TPMS Anda tidak menggantikan perawatan tekanan ban secara rutin. Ini adalah alat yang dapat membantu mengingatkan Anda saat tekanan rendah, namun ban mungkin turun di bawah inflasi yang tepat jauh sebelum lampu peringatan TPMS menyala. Lampu TPMS menyala saat tekanan ban terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Lampu TPMS Menyala Saat Mengemudi

Saat lampu TPMS menyala - dan tetap menyala - setidaknya satu ban Anda berada pada tingkat tekanan rendah. Periksa tekanan semua ban dengan alat pengukur dan tentukan penyebab kehilangan tekanan dan tambahkan udara atau servis ban (s) yang sesuai.

Lampu TPMS Menyala dan Mati

Bila tekanan ban mendekati tingkat yang memicu suhu siaga dan berfluktuasi, mungkin akan menyebabkan lampu TPMS Anda menyala dan mati. Hal ini biasanya terjadi ketika tekanan turun dalam semalam karena penurunan suhu lingkungan yang menyebabkan cahaya menyala; Cahaya bisa padam saat tekanan meningkat pada siang hari karena meningkatnya suhu lingkungan dan / atau panas yang dihasilkan dari mengemudi kendaraan. Gunakan alat ukur untuk mengecek tekanan semua ban dan menambahkan udara ke ban yang rendah.

Lampu TPMS Berkedip dan Kemudian Menyala

Jika lampu berkedip sekitar 60 sampai 90 detik setiap kali Anda menghidupkan mobil Anda dan kemudian tetap menyala, ini berarti TPMS tidak berfungsi dengan benar dan Anda harus membawanya ke pusat layanan otomotif untuk inspeksi. Sampai diperbaiki, TPMS rusak dan tidak dapat memperingatkan Anda tentang tekanan ban rendah. Periksa tekanan udara dari semua ban dengan alat ukur dan tambahkan udara ke ban yang membutuhkannya.

Apakah TPMS Menggantikan Cek Tekanan Ban Reguler?

Tidak! Memahami apa arti lampu peringatan TPMS dan apa yang harus dilakukan saat menerangi adalah bagian penting dari tanggung jawab pengemudi. Namun, TPMS bukan pengganti pemeriksaan tekanan ban reguler. Mengapa? Bergantung pada situasinya, TPMS mungkin memiliki keterbatasan seperti:

Lampu peringatan TPMS dapat diatur untuk menyala di bawah tekanan ban yang dibutuhkan untuk membawa beban ke dalam kendaraan.

Sensor (s) mungkin tidak secara akurat mentransmisikan data tekanan ban ke komputer on-board.

Sistem mungkin tidak dapat secara akurat menentukan apakah ban terlalu rendah jika ban lain kehilangan tekanan pada tingkat yang sama.

TPMS overview

Oleh karena itu, bahkan dengan TPMS, cek tekanan ban manual dengan alat pengukur penting untuk merawat ban dan kendaraan Anda, terutama untuk keselamatan Anda dan keselamatan orang lain. Anda harus memeriksa tekanan ban sebulan sekali, dan sebelum melakukan perjalanan jauh atau saat membawa muatan ekstra.

  • How to Clean Foggy Headlights

    Driving at night calls for clear and well maintained headlights for optimum visibility. Take a look at what causes foggy headlights and how to clean or restore them.

    Click to Learn More
  • Ultimate Car Maintenance Checklist

    Caring for your car and keeping it in proper running order takes just a little bit of effort. To maximise the life and performance of your vehicle, here is a list of items you should check depending on the time and season.

    Click to Learn More
  • Get Better Fuel Efficiency

    There's not much we can do to control the price at the pump, but there are ways to increase fuel efficiency and get the most of each tank of petrol. Use these tips for more mileage between fill-ups as well as more money in your pocket.

    Click to Learn More