Cara Membersihkan Lampu Berkabut

Bagikan

Ketika harus mengemudi di malam hari, atau dalam kondisi keterbukaan terbatas, salah satu tindakan pengamanan yang paling penting yang bisa dilakukan pengemudi adalah memastikan bahwa lampu depannya sesuai dengan pekerjaan optimal. Tapi tahukah Anda bahwa tindakan pencegahan ini akan berlanjut lebih dari sekadar memastikan bahwa lampu lampu Anda tidak terbakar habis? Sebenarnya, keefektifan lampu depan Anda juga bisa terhambat oleh pengotoran lensa lampu depan. Mari kita lihat lebih dekat apa yang menyebabkan lampu depan berkabut dan cara membersihkan lensa lampu Anda jika perlu.

How to Clean Foggy Headlights

Apa itu Lambu Kabut?

Jika Anda memperhatikan bahwa cahaya yang berasal dari lampu depan Anda jauh lebih redup daripada sebelumnya, kemungkinan kendaraan Anda terkena lampu depan yang berkabut. Terkadang pengemudi juga akan memperhatikan bahwa fogging akan menyebabkan lampu depannya berwarna kekuning-kuningan dan suram.

Alasan untuk fogginess lampu sedikit ilmiah. Sebagian besar lensa lampu utama akhir-akhir ini terbuat dari plastik tebal yang terdiri dari polikarbonat. Berbeda dengan lensa kaca yang digunakan pada mobil tua, lensa plastik ini jauh lebih tahan gores dan tahan lama. Namun, seiring berjalannya waktu, karena plastik polikarbonat ini terkena sinar UV dari sinar matahari, lapisan luar mulai rusak dan terdegradasi. Faktor-faktor ini menyebabkan lensa menyerap cahaya biru dari lampu dan menyebabkan cahaya kekuningan yang kurang kuat untuk dipancarkan. Kabar baiknya, bagaimanapun, adalah bahwa membersihkan lampu berkabut cukup mudah.

Produk apa yang harus digunakan saat membersihkan lampu depan

Sebagian besar aksesoris menyimpan setidaknya satu atau dua produk yang dirancang khusus untuk membersihkan lensa lampu berkabut yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Carilah produk yang ditandai sebagai "kit perbaikan lampu" atau "restorasi lensa lampu". Menggunakan produk ini adalah cara mudah untuk membersihkan lampu depan kendaraan Anda yang berkabut.

Bila dalam keadaan darurat, orang yang perlu membersihkan lampu berkabut segera memiliki beberapa pilihan lain yang juga bisa menyelesaikan pekerjaan. Pasta gigi dan baking soda bisa menjadi pembersih yang efektif untuk membersihkan lampu depan. Kedua produk itu cukup abrasif untuk melepaskan kabut tanpa menggaruk atau merusak lampu depan. Poles senyawa seperti Rain-X juga bisa cukup efektif untuk memperbaiki kerusakan UV. Secara umum, ada baiknya alat pembersih di garasi atau rumah Anda!

Cara Membersihkan Lampu Kabut

Anda tidak memerlukan banyak persediaan banyak persediaan untuk membersihkan lampu di kendaraan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin ingin Anda tangani:

  • Kit pembersih, baking soda, atau pasta gigi
  • Handuk atau kain lap halus  
  • Sarung Tangan untuk kulit yang sensitif 
  • Air untuk membilas 
  • Sikat berbulu lembut 
  • Kain Pembersih lembut atau plas chamois 

Mari kita lihat langkah-langkah yang diperlukan untuk membersihkan lampu berkabut.

1. Bersihkan Permukaan yang Kotor  

Sebelum memulai, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda bekerja dengan permukaan yang bersih. Spritz lampu depan Anda dengan pembersih ringan dan dengan lembut bersihkan kotoran, partikel, serangga mati, dan gunk yang mungkin terakumulasi di permukaan.

2. Kain Lap Kering  

Setelah dibersihkan, bersihkan permukaan dengan handuk kering atau lap sampai bebas kelembaban.

3. Terapkan Headlight Restorer

Sebarkan cukup banyak pembersih - ini adalah produk dari kit pemulihan lampu, pasta gigi, atau baking soda - cukup tebal di atas lensa lampu utama Anda. Jika Anda menggunakan baking soda, Anda pasti ingin mencampurnya dengan sedikit air terlebih dulu untuk membuat pasta kental. Biarkan pembersih Anda di lensa selama beberapa menit agar kering sedikit saja.

4. Hilangkan Kotoran dengan Sikat Lembut 

Dengan menggunakan gerakan melingkar, goyangkan permukaan lampu dengan lembut dengan sikat Anda. Ingat, pembersih yang Anda gunakan bersifat abrasif, jadi berhati-hatilah untuk tidak mencungkil permukaan plastik. Anda harus melihat kekaburan atau kekaburan yang hilang dari lensa saat Anda mengerjakannya.

5. Clean Off Excess Cleanser

Dengan menggunakan lap atau handuk bersih Anda, kembalikan semua pembersih residu dari lensa Anda. Spritz yang keras kepala, dikeringkan pada bit dengan air bersih lalu poles sampai kering dengan handuk anda.

Sesederhana itu Setelah Anda membersihkan lampu depan berkabut Anda, Anda harus segera melihat peningkatan visibilitas dan lampu depan yang lebih terang dan putih!

  • How to Check Tyre Pressure

    Both under inflation and over inflation can cause headaches like premature tread wear and possible tyre failure. The best way to ensure you're getting the most out of your tyres is to check your tyre pressure regularly. We'll show you how.

    Click to Learn More
  • Drive into Summer Prepared

    There's more to driving in the summertime than just cranking up the A/C. Heat can be your car's worst enemy, so make sure your ride is ready for the road, no matter what the summer brings.

    Learn More
  • Tips for Winterizing Your Car

    Winterize your car before the winter season to make sure your car can handle the winter road conditions. Here's what you'll need to know.

    Learn More