Bagaimana Cara Menganti Ban Run Flat (RFT)

Mengetahui bagaimana mengganti ban merupakan keterampilan yang diperlukan bagi semua pembalap. Jika Anda mengandalkan ponsel untuk menyelamatkan Anda dalam keadaan darurat di pinggir jalan, selalu ada kemungkinan ponsel Anda dapat ditinggalkan di rumah, kehabisan baterai atau tanpa sambungan. Ban Bocor bisa terjadi dimana saja, dan ponsel bukan pengganti untuk mengetahui cara mengganti ban kempes.

Untungnya, mengganti ban tidak terlalu sulit! Ikuti saja panduan berikut ini jika Anda memiliki flat.

Item yang Anda Butuhkan untuk memperbaiki Ban Run Flat

Barang-barang ini seharusnya disertakan dengan kendaraan Anda:

  • Dongkrak
  • Kunci Pas
  • Pengisi Angin Ban Portable
  • Buku Panduan Pemilik Kendaraan

How to change a tire - Items with your car

Jika Anda lupa alat-alat ini, atau jika mobil Anda tidak disertai dengan alat-alat ini, Anda harus segera membeli alat yang baru. Dan pastikan Anda secara teratur mengisi  ban cadangan sesuai PSI produsen kendaraan Anda.  Ingatlah untuk memeriksa tekanan ban setiap bulan, sebelum perjalanan jauh atau saat anda membawa beban berat.

Berikut adalah beberapa barang/alat yang tidak disertakan pada kendaraan Anda tapi Anda harus menyimpan di bagasi atau kompartemen mobil Anda, jaga - jaga  dalam keadaan kempes/bocor:

  • Senter Portable
  • Mantel Hujan
  • kayu Potongan kecil 6 cm x 12 cm untuk menyangga mobil
  • Sarung Tanggan
  • Wheel wedges

How to change a tire - Additional items you will need

Bagaimana Cara Menganti Ban


1. Cari tempat aman

Begitu Anda menyadari bahwa Anda memiliki ban kempes, jangan tiba-tiba rem atau belok. Perlahan-lahan mengurangi kecepatan dan memindai sekeliling Anda ke tingkat yang lurus, jalan lurus dengan bahu lebar. Tempat parkir yang kosong akan menjadi tempat yang ideal. Level ground itu bagus karena akan mencegah kendaraan Anda bergulir. Selain itu, peregangan jalan lurus lebih baik daripada kurva karena lalu lintas yang mendekat cenderung bertemu dengan Anda.

Jangan pernah mencoba mengganti ban Anda di bahu sempit di dekat lalu lintas yang melaju. Terus bergerak (perlahan) sampai Anda menemukan tempat yang lebih aman. Saat mengemudi dengan ban kasa beresiko merusak rim Anda, mengganti pelek lebih baik daripada dipukul oleh pengemudi yang lalai.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan manual pemilik Anda dan tinjau langkah-langkah spesifik mereka tentang bagaimana mengganti ban kempes untuk kendaraan Anda.

2. Hidupkan lampu Hazard (Darurat)

Lampu bahaya atau "flasher" Anda akan membantu pengemudi lain melihat Anda di pinggir jalan. Untuk menghindari kecelakaan, nyalakan mereka segera setelah Anda sadar bahwa Anda perlu menepi.

3. Pasang Rem Tangan

Setelah berhenti, selalu gunakan rem parkir saat bersiap mengganti ban kempes. Hal ini akan meminimalkan kemungkinan kendaraan Anda bergulir.

4. Pasang Penahan Roda

Roda wedges masuk di depan atau di belakang ban untuk lebih memastikan kendaraan tidak berputar saat Anda memperbaiki ban kempes. Jika Anda mengganti ban belakang, letakkan ini di depan ban depan. Jika ban kempes Anda ada di depan, letakkan roda di belakang ban belakang.

Batu bata atau batu besar akan bekerja sama seperti roda "asli". Pastikan mereka cukup besar untuk menghentikan mobil agar tidak berputar.

5. Lepaskan Hubcap atau Penutup Velg

Jika kendaraan Anda memiliki dop penutup yang menutupi mur lug, lebih mudah melepaskan dop roda sebelum mengangkat kendaraan dengan soket. Jika kacang lug Anda terpapar, Anda bisa langsung menuju ke Langkah 6.

Gunakan ujung datar kunci pas Anda untuk melepaskan dop roda. Ini akan bekerja untuk kebanyakan kendaraan, namun beberapa dop perlu alat yang berbeda untuk lepas. Konsultasikan dengan manual pemilik Anda untuk prosedur pemasangan roda gigi atau penutup roda yang tepat.

6. kendorkan Baut

Dengan menggunakan kunci pas lug, putar kacang lug berlawanan arah jarum jam sampai Anda menghentikan resistansi mereka. Anda mungkin harus menggunakan kekuatan, dan itu tidak masalah. Gunakan kaki atau seluruh berat badan Anda jika perlu.

Kendurkan kacang lug sekitar ¼ sampai ½ dari belokan, tapi jangan lepaskan mereka sepenuhnya. Simpan itu untuk kapan saatnya melepas ban / roda dari kendaraan.

7. Tempatkan Jack dibawah kendaraan Vehicle

Tempat yang tepat untuk jack biasanya berada di bawah rangka kendaraan disamping ban yang rata. Banyak frame kendaraan telah membentuk plastik di bagian bawah dengan area yang terbuka dari logam yang terpapar khusus untuk jack. Untuk mengangkat dan menghindari kerusakan pada kendaraan dengan aman, ikuti petunjuk penempatan jack di manu pemilik kendaraan Andal.

8. angkat kendaraan bersamaan dengan  Jack

Untuk mencegah agar jack tidak mengendap di bawah berat kendaraan Anda dan tidak seimbang, letakkan potongan kecil kayu (2 "x 6") di bawahnya sebelum mencoba menaikkan kendaraan Anda. Taktik ini sangat membantu pada aspal.

Dengan jack diposisikan dengan benar, naikkan kendaraan sampai ban kempes sekitar enam inci di atas tanah.

Jangan sekali-kali memasukkan bagian tubuh Anda ke bawah kendaraan selama atau setelah menaikkan kendaraan dengan soket.

9. Lepaskan Lug Baut

Sekarang saatnya untuk menghapus kacang lug sepanjang jalan. Karena Anda telah melonggarkannya, Anda harus bisa melepaskannya sebagian besar dengan tangan.

10. Lepaskan Ban Run Flat (RFT)

Mencengkeram ban dengan tapak, tarik perlahan ke arah Anda sampai benar-benar terbebas dari hub di belakangnya. Atur di sisinya agar tidak terguling.

11. Pasang Spare Tire di Lug Bolts

Sekarang letakkan labah-labah di hub dengan mengantre pelek dengan baut pengangkut. Dorong dengan lembut sampai baut pengikat ditunjukkan melalui pelek.

12. Kencangkan Baut dengan Tangan

Letakkan kacang lug kembali ke baut dan kencangkan semuanya dengan tangan. Begitu mereka semua, periksa masing-masing lagi, pastikan itu diperketat sebanyak mungkin. Anda akan mengencangkan mereka dengan kunci pas setelah menurunkan kendaraan ke tanah.

13. Turunkan Kendaraan dan Kencangkan baut Lug

Gunakan jack untuk menurunkan kendaraan sehingga ban cadangan sedang beristirahat di tanah namun berat penuh kendaraan tidak sepenuhnya pada ban. Pada titik ini, Anda harus mengencangkan kacang lug dengan kunci pas, memutar searah jarum jam, sebanyak yang Anda bisa. Tekan ke bawah kunci pas dengan berat penuh tubuh Anda.

14. Turunkan kendaraan sepenuhnya

Bawa kendaraan sampai ke tanah dan lepaskan dongkraknya. Berikan lug kacang lain tarik dengan kunci inggris untuk memastikan mereka seketat mungkin.

15. Ganti Hubcap

Jika dop yang Anda ambil dari ban kempes akan sesuai dengan cadangan Anda, letakkan di tempat dengan cara yang sama seperti yang Anda hapus pada awalnya. Jika tidak sesuai, selipkan dengan ban saat Anda menyimpan peralatan Anda.

16. Stow Semua Peralatan

Anda memiliki sebelum Anda jack, kunci pas lugs, roda wedges, ban kempes Anda, dan mungkin sebuah dop. Jangan lupa untuk memasukkan semuanya ke dalam kendaraan Anda sebelum pergi.

17. Periksa Tekanan di Spare Tire

Anda harus memeriksa tekanan ban ban cadangan untuk memastikan aman dalam berkendara. Suku cadang tempur "T-Type", juga disebut "mini-spares," membutuhkan 60 psi (420 kPa). Jika ban butuh tekanan, drive (pelan) ke bengkel langsung. Tekanan mungkin berbeda untuk kendaraan yang berbeda. Harap verifikasi informasi tentang manual kendaraan Andal.

18. Bawa Ban Rata Anda ke Teknisi

Ban bekas sementara tidak dibuat untuk berkendara jauh atau dengan kecepatan tinggi, jadi kencangkan dengan hati-hati sampai Anda bisa mengunjungi teknisi ban. Seorang profesional harus dapat menentukan apakah ban Anda perlu diperbaiki atau jika sudah waktunya untuk menggantinya.

Berapa Lama Butuh Perbaikan Ban Flat?

Selain membawa ban Anda ke profesional, mengganti ban Anda tidak boleh lebih dari 15 sampai 30 menit. Pastikan Anda tidak meninggalkan langkah apapun.

Ini bermanfaat untuk berlatih mengganti ban di garasi atau jalan masuk Anda untuk memastikan Anda siap menangani situasi ini jika hal itu pernah terjadi pada Anda.

Sedikit Tip untuk Mengganti Ban

Mengetahui bagaimana cara memperbaiki ban kempes memang hebat, tapi perawatan ban biasa malah lebih penting. Selain meninjau panduan ini secara teratur, ingatlah untuk melakukan hal berikut:

  • Jaga agar ban Anda terisi dengan tekanan angin ban yang sesuai
  • Rotasi ban secara berkala
  • periksa tinggi kembang ban secara berkala

Semua tindakan pencegahan ini akan memperpanjang umur ban Anda dan mengurangi kemungkinan flat. Meskipun tidak ada cara untuk mencegah ban flat sepenuhnya, perawatan yang tepat dapat meningkatkan kinerja dan memastikan ban Anda bertahan selama mungkin.

  • 10 Driving Tips for New Drivers

    Getting your first driver's license is an exciting step toward independence and adulthood, but it's also a big responsibility. Learn how to balance this new freedom with caution and safe behavior.

    Click to Learn More
  • How to Check Tyre Tread Depth

    Heavily worn tread will prevent a tyre from performing as designed and can lead to unsafe driving conditions. One of the simplest, most common ways to check tread depth requires nothing more than a gauge and a few moments of your time.

    Click to Learn More
  • Get Better Fuel Efficiency

    There's not much we can do to control the price at the pump, but there are ways to increase fuel efficiency and get the most of each tank of petrol. Use these tips for more mileage between fill-ups as well as more money in your pocket.

    Click to Learn More