2 Juni 2016

Bridgestone Gelar Kampanye Tahunan Tire Safety ke-8

Karawang, Jawa Barat –PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN), anak perusahaan dari produsen karet dan ban terkemuka dunia, Bridgestone Corporation, kembali menggelar kampanye tahunan Keselamatan Ban (Tire Safety) dari tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2016 atau selama 5 hari di lokasi peristirahatan KM57, Tol Cikampek, Jawa Barat. Ini adalah kampanye ke-8 yang diadakan Bridgestone secara berturut-turut sejak diperkenalkan pertama kali tahun 2009. Tak heran, kampanye ini menjadi kampanye keselamatan berkendara yang paling populer di kalangan pecinta otomotif.

Tahun ini, tema kampanye Tire Safety yang diusung adalah “Ban Terawat, Anda Selamat”, di mana ban yang memiliki tekanan udara yang tepat dapat membebaskan Anda dari masalah berkendara dan meningkatkan kualitas keamanan itu sendiri. Kampanye tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya. 

Berdasarkan jumlah pengunjung beberapa tahun sebelumnya, pengunjung kampanye Tire Safety telah sukses meningkat dari tahun ke tahun. Sementara di lima tahun pertama penyelenggaraan kampanye, jumlah peserta yang hadir meningkat dua kali lipat dari 1.752 peserta di 2009 menjadi 3.393 di 2013. Sedangkan di 2014, terdapat penurunan peserta secara signifikan yang ditengarai akibat kebijakan pemerintah yang menghentikan subsidi bahan bakar yang dijual di jalan bebas hambatan.

Sementara itu, di 2015, ketika pemerintah kembali melanjutkan kebijakan subsidi dalam penjualan bahan bakar di jalan tol, jumlah peserta kampanye pun meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kami sangat bangga dapat kembali menggelar kampanye tahunan tire safety untuk ke-8 kali secara berutur-turut di Indonesia. Dan, kami sangat antusias untuk dapat menyelenggarakan satu dekade kampanye serupa dalam dua tahun ke depan,” demikian Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Yoshikazu Shida.

“Kampanye ini sebagai bukti komitmen kami dalam menjalin hubungan baik dengan publik dalam jangka panjang. Selain itu, kampanye ini juga untuk mengedukasi dan mengingatkan para pengendara akan pentingnya melakukan perawatan ban yang tidak dapat diabaikan sebab ban menjadi fungsi strategis yang langsung bersentuhan dengan jalanan,” lanjut Shida.

Tenaga ahli Bridgestone Tire Safety di lokasi kampanye akan memeriksa kondisi ban kendaraan seluruh pengunjung dan membagikan pengetahuan akan perawatan ban untuk mendapatkan performa berkendara yang optimal dan tentunya aman. Juga, para pengendara diajarkan cara memeriksa tapak ban untuk menghindari bahaya akibat kerusakan pada ban yang sudah aus atau rusak sekalipun.

Selain itu, pengisian tekanan udara pada ban secara tepat dapat mencegah kerusakan ban dan mengurangi resiko keausan. Ban yang kurang angin juga dapat berakibat buruk pada performa kendaraan yang bisa berujung pada kecelakaan dalam berkendara.

“Memeriksa tekanan angin ban secara tepat juga kondisi fisik ban seperti pada tapak ban merupakan cara termudah dan penting yang dapat dilakukan oleh pengendara untuk selalu aman di jalan,” jelas Shida. “Waktu yang dibutuhkan untuk semua hal itu cukup singkat dan hanya butuh alat yang sederhana saja. Para pengendara pun dapat memeriksa ban kendaraan mereka sendiri atau mendatangi gerai Toko Model (TOMO) sebagai Bridgestone Authorized Retailuntuk mendapatkan bantuan dari tenaga ahli Bridgestone.“

Bridgestone juga merekomendasikan para pengendara untuk memeriksakan kondisi tekanan udara ban mereka secara rutin sekali sebulan dan sebelum melakukan perjalanan jauh. Tekanan udara ban sebaiknya diatur sesuai rekomendasi dari pabrik ban tersebut yang biasanya tertera pada sisi luar ban tersebut atau buku panduan ban.

Shida mengungkapkan kegembiraannya terkait tingginya antusiasme peserta kampanye tire safety yang selama ini dilakukan setiap tahunnya. “Kebanyakan para peserta kampanye tire safety datang dengan kesadaran akan pentingnya keamanan dan kenyamanan berkendara.”

Sementara itu, terkait dengan pola pengisian tekanan udara ban yang tepat, Shida menjelaskan bahwa cara lain yang dapat dilakukan oleh peserta agar mendapatkan efesiensi dalam konsumsi bahan bakar adalah dengan memilih dan menggunakan ban yang ramah lingkungan atau eco-friendly seperti ban Bridgestone ECOPIA. Di mana ban ECOPIA ini dapat diperoleh di gerai TOMO terdekat. Ban ECOPIA sendiri berkontribusi positif pada pemeliharaan lingkungan dengan menghadirkan tingkat gulir ban  yang rendah (low rolling resistance) di mana dampaknya akan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan menurunkan gas buang CO2.

 

MENGENAI PT BRIDGESTONE TIRE INDONESIA

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) merupakan bagian dari Bridgestone Corporation Grup. Bridgestone memiliki dua pabrik di Indonesia, yaitu di Bekasi, dan Karawang, Jawa Barat. Selain itu, Bridgestone juga memiliki fasilitas Proving Ground dan Education Center yang merupakan sarana pengembangan kualitas produk dan pelayanan bagi pelanggan. Produk-produk Bridgestone Indonesia dijual melalui berbagai distributor, Toko Model/TOMO (Jaringan Toko Resmi), Bridgestone Truck Center, BANDAG FCZ (Vulkanisir), dan lebih dari 1.500 toko yang menjual ban Bridgestone di seluruh Indonesia

Bridgestone Corporation, yang berpusat di Tokyo, adalah perusahaan ban dan karet terbesar di dunia. Tak hanya memproduksi berbagai jenis ban untuk berbagai aplikasi, mereka juga memproduksi berbagai diversifikasi produk, yang meliputi industri karet, produk kimia, dan peralatan olahraga. Produk-produk ini dijual di lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

 

-end-

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

PT Bridgestone Tire Indonesia

Corporate Communications Department

P : +62 267 863 7921 – 863 7922
F : +62 267 863 7923 – 863 7924